Tingkatkan Wawasan, Mahasiswa Teknokrat Kuliah Kerja Lapangan di Empat Kota Pulau Jawa

Yogyakarta, Warta9.com – Dalam rangka meningkatkan wawasan dan kemampuan menghadapi dunia kerja di era revolusi industri 4.0, mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di sejumlah perusahaan di Pulau Jawa.

Sebanyak 24 mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer melakukan Program KKL di empat kota yaitu Bandung, Surabaya, Malang dan Yogyakarta. Program KKL berlangsung dari tanggal 2-9 Februari 2019. KKL diisi dengan berbagai kunjungan baik ke perusahaan, perguruan tinggi dan objek wisata.

Kunjungan pertama dilaksanakan di Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Jawa Timur, Surabaya (3/2/2019). Rombongan diterima langsung oleh perwakilan BEI Jatim Asikin dan Maya Maulida. Dalam paparannya pihak BEI menjelaskan tentang pasar modal.

Tak hanya materi, mereka juga memberikan simulasi tentang trading di Pasar Modal. Mereka pun menawarkan agar kampus di Indonesia membuka galeri investasi. Sebuah tempat di mana mahasiswa dapat melaksanakan transaksi pasar modal tanpa harus melalui BEI.

Selain belajar pasar modal di BEI, mahasiswa juga berkunjung ke beberapa objek wisata seperti kawasan Gunung Bromo, Museum Angkut Batu, Batu Night Spectacular (BNS), dan pusat kerajinan kulit di Tanggul Angin Sidoarjo.

Pada Rabu (6/2/2019), kegiatan KKL dilaksanakan di kota gudeg Yogyakarta. Mahasiswa berkunjung ke MSV Pinctures dan Time Excelindo yang terletak di kawasan Universitas Amikom Yogyakarta. MSV Picture merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang animasi. Karya-karyanya sudah mengudara sampai ke dunia seperti Battle of Surabaya dan Aji Saka. Sementara Time Excelindo adalah perusahaan software dan konsultan IT.

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa diajak berkeliling untuk melihat studio animasi, studio TV, dan ruang kerja Time Excelindo.

Kunjungan terakhir akan dilaksanakan di Universitas Telkom Indonesia, Kabupaten Bandung, pada Jumat (8/2/2019). Di Bandung, selain ke Telkom University, mahasiswa berkesempatan mengunjungi objek wisata Floating Market dan Farm House di kawasan Lembang. Program KKL tersebut dibimbing oleh dua dosen yakni Jafar Fakhrurozi, M.Hum., dan Sampurna Dadi Riskiono, M.Eng.

Dekan FTIK Yeni Agus Nurhuda, S.Si, M.Cs mengatakan bahwa program KKL ini merupakan program rutin yang dilaksanakan FTIK setiap tahunnya. Ia berharap mahasiswa dapat mengambil ilmu dan pengalaman dari program tersebut.

“Ini merupakan salah satu program perkuliahan yang dilakukan di luar kelas. Mahasiswa diterjunkan langsung ke beberapa perusahaan agar dapat melihat dan belajar secara langsung aktivutas yang dilakukan. Semoga bermanfaat,” tutur Agus saat pelepasan KKL (1/2/2019) di Universitas Teknokrat Indonesia.

Kegiatan berlangsung lancar. Aura kebahagiaan terpancar dari wajah-wajah mahasiswa. Hal itu ditegaskan oleh ketua pelaksana kegiatan Imam Hanifuddin. Menurut Imam, peserta KKL merasa berkesan dengan kegiatan tersebut. Ia pun berharap agar kegiatan KKL dapat dilaksanakan kembali tahun berikutnya oleh Hima SIA maupun Hima lainnya di Universitas Teknokrat Indonesia. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.