Hardiknas Membangun SDM Untuk Bersaing Di Era Globalisasi

Batu, Warta9.com – Pemkot Batu menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) untuk mengenang jasa pahlawan pendidikan Nasional bernama Ki Hadjar Dewantara, di Gelora Stadion Brantas, Kamis 02 Mei 2019.

Acara di ikuti oleh ribuan siswa tingkat PAUD, SD, SMP hingga guru, dengan menyuguhkan tarian kolosal Swarna Cipta Bhakti yang mampu membuat seluruh Stadion Gelora Brantas Kota Batu bergemuruh memberikan standing applause.

Kali ini bertindak sebagai inspektur upacara, Walikota Batu Dewanti Rumpoko. Dalam sambutanya dia mengatakan tahun ini pemerintah Indonesia memiliki program untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pendidikan. Setelah Presiden Ir. Joko Widodo melakukan banyak pembangunan infrastuktur di seluruh pelosok Indonesia.

“Menyiapakan Sumber Daya Manusianya melalui sekolah dan partisipasi masyarakat. Sehingga anak didik di Kota Batu bisa bersaing dan eksis tak hanya di Kota Batu. Tapi mampu sampai di tingkat Internasional,” ujar Dewanti.

Dengan nuansa kostum warna warni ribuan siswa menampilkan tarian kolosal sangat apik dan cantik. Di mulai dengan gerakan seirama, ribuan penari mengklaborasikan setiap penampilanya dengan di isi pembacaan puisi oleh Raras Rumpoko putri bungsu dari Walikota Batu, Dewanti Rumpoko yang berjudul ‘Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan.’

Kabid Kebudayaan, Dinas Pariwisata Kota Batu, Winarto Ekram selaku koreografer mengatakan dalam tari kolosal ini sesuai dangan judulnya. Yakni memiliki keberagaman atau warna yang memiliki tujuan dan impian untuk meraih cita-cita melalui pendidikan, serta semua orang berhak mendapatkan pendidikan yang layak, dalam Hardiknas kali ini.

“Dilakukan dengan pembagian hadiah bagi guru berprestasi dan siswa berprestasi. Tak kalah penting diresmikannya Perwali Kota Batu sebagai Kota Literasi. Dengan begitu semua lini masyarakat, tak hanya di dunia pendidikan mampu membangun budaya membaca termasuk guru untuk selalu berinovasi dalam mengajar siswanya,” paparnya. (W9-SP)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.