FKPPI PC Tulang Bawang Tanam 257 Pohon Aren di Bantaran Sungai

Menggala, Warta9.com – Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI) PC 0806 Tulang Bawang Provinsi Lampung melakukan konservasi di bantaran sungai Way Tulang Bawang.

Konservasi alam dilakukan dengan cara menanam 257 pohon Aren di sepanjang bantaran sungai Way Tulang Bawang Kampung Cakatraya, Kecamatan Menggala Timur, Kamis (24/01/2019).

Sekkab Tulang Bawang Ir. Antoni, MM mengatakan, mengapresiasi langkah FKPPI dalam upaya penghijauan di area bibir sungai, upaya ini salah satu menjaga ekositem yang ada di sunga tersebut.

Gerakan ini, kami anggap cukup penting, bila skalanya kecil namun, kita berharap ini akan menggerakkan komunitas lain untuk ikut andil dalam menjaga lingkungan atau konservasi ini.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk andil dalam memerangi kerusakan lingkungan. “Ayo kita jaga lingkungan, jangan sampai kita merusak alam,” sebut Anthoni.

Pada kesempatan ini Ketua FKPPI Tulang Bawang Drs, Yen Dahren, MM mengungkapkan, bhakti sosial penananan pohon Aren menjadi agenda awal forumnya ditahun 2019 untuk menjaga ekosistem alam.

“Pohon Aren ini dipilih karena dinilai lebih efektif dari pohon lain. Selain karena mamfaat pohon Aren lebih banyak, mulai dari akar, batang, buah, dan daun yang dapat dimamfaatkan masyarakat,” ujar Yen Dahren.

Lebih lanjut dia menjelaskan, meski terdapat beragam manfaat, salah satu alasan kuat pemilihan pohon Aren sebagai bagian mitigasi bencana, karena kurang minatnya masyarakat untuk menebang pohon tersebu. Sehingga keberadaa pohon Aren akan bertahan lebih lama.

“Selain untuk penghijauan dan upaya menangkal terjadinya banjir, serta longsor penanaman pohon aren juga banyak manfaatnya bidang kesehatan, pangan maupun ekonomi,” papar dia. (W9-Wan)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.