Bupati Lumajang : Pasar Kebun Angkat Potensi Desa

Lumajang, Warta9.com – Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, M.ML membuka Pasar Kebun “Sak Tempeh Dadi Siji” di Omah Sinau Gesang Kecamatan Tempeh, Sabtu (1/12/2018).

Sekalipun hujan deras sejak Sabtu pagi, tidak menghalangi semangat warga turut meramaikan acara ini.

Pasar Kebun mengusung tema “Tradisional dan Kehidupan Desa” Pasar Kebun tersebut, melibatkan tiga belas desa di Kecamatan Tempeh.

Berbagai ragam kuliner, seni budaya dan permainan tradisional ditampilkan.

Lapak-lapak kuliner desa menjual berbagai macam makanan tradisional dan memamerkan berbagai kerajinan khas yang di produksi di Kecamatan Tempeh.

Terlihat juga seni Tari Dolanan, Jaran Kencak, Tari Remo dan Tari Topeng Kaliwungu.

Kerajinan yang dipamerkan antara lain Seni ‘Mbenthel’ (Rajut), Kursi rotan, hasil logam, kerajinan bambu, dan lain-lain.

Cak Thoriq mengapresiasi kegiatan ini, karena dinilai mampu mengangkat potensi lokal, terutama desa.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini. Saya harap kecamatan lain mampu mengadakan kegiatan serupa yang dapat mengangkat potensi daerah dan ekonomi kerakyatan. Pak Camat tolong kegiatan ini dilanjutkan. Silakan dianggarkan di APBD tahun depan,” ujarnya.

Usai memberikan sambutan, Bupati Lumajang membuka kesempatan dialog dengan warga.

Lebih lanjutnya, beberapa warga dan kepala desa melakukan sesi tanya jawab dengan Bupati terkait strategi peningkatan potensi daerah masing-masing.

Bupati menyempatkan meninjau lapak dan berbelanja kuliner tradisional dengan menggunakan alat tukar khusus yang terbuat dari logam Alpaka, produksi masyarakat Pulo.

Camat Tempeh, Yoga Pratomo, S.STP, MM, melaporkan, bahwa acara ini dalam rangka mengangkat potensi desa. Seluruh kepala desa turut bersinergi ikut di dalamnya.

Hadir dalam kegiatan ini Forkopimca Kecamatan Tempeh, para kepala desa se-Kecamatan Tempeh dan masyarakat umum. Acara ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 1-2 Desember 2018. (W9-Kar)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.