Wana Wisata Siti Sundari Photo Competition 2018 Resmi Dibuka

Lumajang, Warta9.com – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M.ML, bersama Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati membuka kegiatan “Wana Wisata Siti Sundari Photo Competition 2018” di Dusun Karanganyar Desa Burno, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Minggu (30/12/2018).

Photo Competition 2018 tersebut bertemakan, “Siti Sundari Dalam Lensa.”

Dalam kesempatan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Lumajang menerima bibit pohon dari Perhutani Provinsi Jawa Timur. Bibit pohon tersebut berupa bibit pohon sirsak, talas, dan sengon, yang langsung ditanam oleh Bupati dan Wakil Bupati secara simbolis.

Bupati Lumajang, menyampaikan, bahwa masih banyak memiliki permasalahan sosial anak-anak. Banyak anak-anak yang individualistik (tidak mengenal lingkungan sosial). “Saya harap di Desa Burno dapat menyelesaikan permasalahan individualistik anak-anak dengan cara tersendiri, mungkin dengan memperkenalkan anak-anak dengan permainan tradisional,” tuturnya.

Ditempat yang sama Wakil Bupati Lumajang, Bunda Indah, berharap, agar pemerintah desa dapat mengembangkan potensi pariwisata, tanaman pangan, serta peternakan yang ada di Desa Burno. Diharapkan, Desa Burno dapat dijadikan desa rujukan murid dan mahasiswa dari luar Kabupaten Lumajang. Untuk permasalahan anak-anak yang individualistik diharapkan para orangtua atau walinya dapat memperkenalkan dengan alam. “Saya berharap masyarakat dapat menjaga kelestarian hutan dan lingkungan,” pesannya.

Administrator Perum Perhutani KPH Probolinggo, Haris Suseno, bisa memenuhi fungsi dan kegunaannya, agar dapat seimbang. Hutan berfungsi untuk tangkapan air hujan, mencegah longsor, dan banyak lainnya. Manfaat hutan sangat banyak yang mungkin sampai saat ini masih belum bisa digantikan dengan teknologi apapun. “Saya berharap hutan ini tetap lestari dan tidak membawa bencana bagi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua panitia, Edi Santoso, mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan potensi wisata alam yang ada. Di kawasan itu, banyak destinasi wisata yang terdapat di Dusun Karanganyar Desa Burno.

Adanya kegiatan Photo Competition ini diharapkan potensi wisata dapat dikelola dengan baik oleh para fotografer yang menjadi peserta, sehingga wisata Siti Sundari dapat dikenal masyarakat luas. “Photo Competition diselenggarakan selama satu hari, diikuti 145 peserta,” pungkasnya. (W9-Kar)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.