Unila Diskusikan Kebijakan Sumberdaya Alam

Bandarlampung, Warta9.com – Kebijakan harus mampu menjawab permasalahan yang ada. Karena itu, dalam penyusunan kebijakan harus diawali dari ketepatan merumuskan akar masalah.

“Apabila tidak merumuskan akar masalahnya, maka hal ini merupakan masalah ketiga,” kata Prof. Hariadi Kartodiharjo, Guru Besar Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB), pembicara utama dalam diskusi bertema “Menakar Efektifitas Kebijakan Sumberdaya Alam di Indonesia,” di aula Fakultas Pertanian Unila, Selasa (30/1/2018).

Hariadi menegaskan, seringnya terjadi kesalahan, karena ketidaktepatan dalam merumuskan masalah. Perumusan masalah salah, maka solusi berupa kebijakan yang dibuat juga akan salah.

Diskusi kebijakan sumberdaya alam yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Publik dan Pengembangan Wilayah Universitas Lampung, dibuka oleh Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Hasriadi Mat Akim.

Menurut Pitojo Budiono, Ketua Puslitbang Kebijakan Publik dan Pengembangan Wilayah,

Diskusi diikuti oleh 120 orang peserta dari akademisi, instansi kehutanan daerah dan UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, juga mahasiswa S1 dan S2 Unila. Bertindak sebagai pembahasan adalah Syaiful Bachri, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Irwan Sukri Banuwa, Dekan Fakultas Pertanian Unila dan Christine Wulandari, Ketua Program Studi S2 Kehutanan Unila.

Masih menurut Hariadi Kartodiharjo, Diskusi ini memecahkan masalah harus dengan multi disiplin ilmu, karena masalah selalu tidak tunggal. Terlebih dalam pengelolaan lingkungan dan sumberdaya alam, ada faktor teknis, ekonomi, sosial, lingkungan, perilaku dan lainnya. Masalah kehutanan tidak cukup dengan pendekatan kehutanan dan hukum, oleh karenanya trans disiplin harus dilakukan dalam mengelola landscape.

Hariadi Kartodiharjo yang dikenal dengan Profesor Haka yang saat ini juga dipercaya sebagai salah satu Penasihat Senior Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Buku Analisis Kebijakan Pengelolaan Sumberdaya Alam, Diskursus, Politik, Aktor, Jaringan merupakan salah satu buku yang disusun oleh Hariadi Kartodiharjo yang aktif di Dewan Kehutanan Nasional (DKN) beberapa periode ini, dapat dijadikan referesi dan rujukan baik oleh dosen dan mahasiswa kehutanan dan lingkungan. (W9-jam)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.