Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Pemkab Lambar Wujudkan e-Government

Asisten III Bidang Administrasi Umum Lambar, Ir. Noviardi Kuswan, pada acara Pembukaan Pelatihan Sumber Daya Komunikasi Dan Informasi Kabupaten Lampung Barat, Rabu (28/11).

Lampung Barat, Warta9.com – Komitmen Pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk mewujudkan Good Government, salah satunya yaitu dengan ketersediaan data yang Up to Date atau E-Government. Berkaitan dengan hal tersebut Pemkab Lambar melalui Dinas Kominfo Lambar memberikan Pelatihan Sumber Daya Komunikasi dan Informasi Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018 yang dibuka langsung oleh Assisten III Bidang Administrasi Umum Lambar, Ir. Noviardi Kuswan, di Aula Dinas Kesehatan kabupaten setempat, dengan narasumber Ganjar Jatino, SE, M.AP., Rabu (28/11)/2018).

Pada kesempatan tersebut, Noviardi menyampaikan bahwa teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat dewasa ini, telah mendorong percepatan diberbagai bidang, seperti halnya mencari dan berbagi informasi saat ini sangatlah mudah didapatkan seiring dengan berkembangnya teknologi internet dan jaringan.

“Dengan adanya dukungan perangkat lunak diimbangi pula dengan kemajuan dan kecanggihan teknologi berserta perangkat kerasnya yang dapat diwujudkan dengan e-Government yang menjadi bagian penting dari aspek kebutuhan dan kehidupan,” ungkap Noviardi Kuswan.

Ditambahkannya, sistem e-Government tidak hanya berdampak bagi masyarakat, tetapi juga bagi pemerintah itu sendiri.

“Sistem e-Government dapat mendukung kinerja pemerintah dalam bidang government to business, government to citizen, government to government dan government to employees. Dampak positif diterapkannnya sistem e-government di Indonesia adalah masyarakat dapat menerima laporan kinerja pemerintah secara aktual dan transparan, rakyat juga bisa dengan leluasa mengakses informasi seputar kinerja pemerintah. Selain itu sistem e-government juga dapat menekan anggaran biaya. Dengan teknologi online, pekerjaan juga tentunya akan lebih efesien, secara biaya dan waktu,” paparnya.

Noviardi juga menjelaskan bila Pemerintah menyambut baik kegiatan ini karena, kebutuhan masyarakat akan pentingnya komunikasi dan informasi sudah sangat besar, sehingga pemerintah daerah Kabupaten Lampung Barat melalui unit satuan kerja (satker) yang membidangi masalah komunikasi untuk segera memberikan solusi guna membantu memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut, khususnya untuk pengembangan SDM dibidang komunikasi dan informasi. Kemudian Noviardi berpesan kepada para peserta pelatihan bahwa, peran mereka sangat penting dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, terutama dalam penyampaian informasi pemerintah maupun sebaliknya dari masyarakat kepada pemerintah.

“Pelatihan ini diharapkan akan lebih meningkatkan ketrampilan teknis dan kemampuan administrasi bagi para SDM bidang komunikasi dan informasi yang ada di Lampung Barat ini,” tutupnya. (W9-Ica)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.