Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kodim 0412/LU Bekali Prajurit

Kotabumi, Warta9.com – Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan pangan Nasional, Kodim 0412/LU menggelar kegiatan pembinaan ketahanan pangan dengan memanfaatkan sumber daya alam sesuai kearifan lokal, di Balai Desa Abung Jayo, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Sabtu (02/6) kemarin.

Pembinaan ketahanan pangan kepada prajurit TNI ini mengusung tema “Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan Mari Kita Tingkatkan Upaya Pemerintah Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam Sesuai Dengan Kearifan Lokal”.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0412/LU Letkol Inf Raden Danil Bahtiar Kurniawan, melalui Pasiter Kodim 0412/LU Kapten Inf Suroto mengatakan, pangan merupakan komoditas yang sangat penting dan strategis dalam membantu program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Kegiatan ini sangatlah penting dilaksanakan jajaran Kodim 0412/LU, mudah-mudahan melalui pembinaan ketahanan pangan ini, teknik maupun kiat-kiat yang akurat dalam peningkatan tanaman Holtikultura jenis terong ungu, wawasan dan ilmu pengetahuan masyarakat dapat bertambah,” kata Dandim.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, bagi personel TNI harus menguasai dan menerapkan ilmu ketahanan pangan pada masyarakat di wilayah binaan masing -masing dalam meningkatan pangan nasional. “Setelah pensiun-pun ilmu ini akan dapat bermanfaat. Kewajiban kita sebagai komando kewilayahan dalam ketahanan pangan diantaranya sergap dan luas tambah tanam (LTT),” jelasnya.

Usai menyampaikan amanat Dandim, Pasiter Kodim 0412/LU Kapten Inf Suroto beserta para peserta mendapat Ilmu tentang tekhnik pembuatan model projek tanaman pangan terong ungu, antara lain pengisian polibag, penyemaian dan cara menanam tanaman yang benar, kegiatan tersebut disampaikan Ibu Tuti PPL Desa Abung Jayo Kecamatan Abung Selatan, Lampura. (W9-Ars)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.