Terjangkit Radang Otak dan Gizi Buruk, Vanessa Angel Kritis di Rumah Sakit

Kotabumi, Warta9.com – Vanessa Angel, bocah mungil berusia delapan tahun putri kedua dari pasangan Syahril, (50), dan Mardiana, (29), warga Bedeng I Kelurahan Kotabumi Udik, Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara, pasien gizi buruk dan mengidap sakit radang otak (meningitis red).

Kondisi Vanessa yang masih duduk di kelas II SD Negeri 03 Bedeng I Kotabumi Udik ini, terkulai lemah di ruang ICU Rumah Sakit Umum Daerah Mayjend. H.M. Ryacudu Kotabumi dalam keadaan tidak sadarkan diri (koma).

“Anak saya saat ini keadaannya tidak sadarkan diri sejak akan dirujuk ke sini (RSUD red). Meskipun mata Vanessa tampak mendelik, tapi dia tidak bisa merespons,” kata Syahril kepada awak media Sabtu, (11/5/2019), di depan ruang ICU.

Saat awak media melihat kondisi Vanessa Angel, tampak dari raut wajah anak perempuan yang masih kecil ini menahan rasa sakit yang tidak terperi. Sejumlah alat medis, berupa layar monitor yang mendeteksi perkembangan organ tubuhnya, kateter, infus, serta ventilator (selang bantuan pernafasan), terpasang di tubuhnya yang lemah dan tidak bertenaga.

“Pertama kali sepulang sekolah, anak saya ini mengeluhkan sakit kepala dan badannya panas. Saya pikir demam biasa. Lalu, saya suruh dia istirahat,” kata Mardiana, ibunda Vanessa.

Mardiana mengakui, dirinya hanya memberikan perawatan seadanya di rumah. Namun, selama tujuh hari, kondisi anaknya justru semakin memburuk.

“Saya tidak punya biaya untuk langsung memeriksakan kesehatannya, Pak. Karena kondisi anak saya semakin parah, saya baru membawa dia ke Puskesmas. Setelah diperiksa di puskesmas, anak saya ini dirujuk ke RSUD Ryacudu,” beber Mardiana, seraya mengatakan dirinya sudah lima hari berada di ruang ICU RSUD Ryacudu Kotabumi.

Sementara itu, Koordinator Komunitas Peduli Lampung Utara (Pelaut), Hanafi Rojali Bintang, menyampaikan, tingkat perekonomian orang tua Vanessa Angel merupakan keluarga prasejahtera.

“Ayah maupun ibu dari putri penderita gizi buruk dan meningitis ini memiliki keterbatasan ekonomi. Keduanya tidak memiliki pekerjaan. Bahkan, kartu BPJS pun mereka tidak punya,” terang Hanafi yang akrab disapa Nanang ini.

Untuk itu, dirinya bersama Komunitas Pelaut, berupaya untuk mencari solusi guna meringankan beban yang menimpa orang tua Vanessa Angel serta menghimpun donasi dari berbagai pihak guna kesembuhan penyakit yang dideritanya. (Rozi/lam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.