Sosialisasi Empat Pilar, MPR: Jaga Keutuhan dan Kedaulatan NKRI

Malang, Warta9.com – Kerjasama Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) bersama Pemerintah Kabupaten Malang dan Kejaksaan Negeri Malang menggelar sosialisasi dan seminar empat pilar, Senin (11/03) di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

Kegiatan yang menghadirkan Narasumber Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Ahmad Basarah, MH, Kajari Kabupaten Malang, Abdul Qohar, SH, MH, itu dengan Topik “Mengawal Dana Desa Untuk Mewujudkan Sila Keadilan Sosial.”

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh PLT Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi,  MM, seluruh Kepala Dinas Kabupaten Malang, Camat se-Kabupaten Malang, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Malang, pendamping Desa se-Kabupaten Malang dan lain sebagainya.

Dalam sambutannya Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Ahmad Basarah, memberikan pengertian akan pentingnya rasa cinta kebangsaan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Diantaranya sosialisasi Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara, UUD 1945 sebagai konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk Negara yang final, dan sosialisasi tentang Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan dan sistem sosial Bangsa Indonesia.

Basarah juga menegaskan, bahwa Pancasila adalah ideologi yang telah menyatukan Bangsa Indonesia dari beragam Agama, Suku dan Budaya. “Melalui sosialisasi ini, saya berharap agar kedepannya Bangsa Indonesia tidak mudah di pecah belahkan oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

Sementara itu, PLT Bupati Malang Drs. H.M Sanusi, MM meminta kepada seluruh masyarakat dapat memahami empat pilar kebangsaan. Hal ini untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) lantaran masa depan Bangsa ini berada di tangan semua.

Selain itu H. Sanusi juga menegaskan bahwa Desa merupakan ujung tombak dalam pembangunan Negara Indonesia agar lebih maju lagi. Dengan Dana Desa diharapkan dapat bermanfaat untuk Desa masing – masing, sehingga menjadi Desa yang maju dan Indonesia dan sejahtera.

“Memberikan pemahaman akan nilai – nilai luhur dalam berbangsa kepada masyarakat itu sangat penting dikarenakan seluruh kalangan dapat memahami nilai – nilai luhur Bangsa, maka akan lebih bijak jika menjalankan amanah dan tugasnya dalam kehidupan sehari – hari,” tegasnya. (W9-SO)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.