Ribuan Pegiat Seni Turut Meriahkan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 Tahun 2019

Denpasar, Warta9.com – Pesta Kesenian Bali ke-41 tahun 2019 akan digelar sebulan lamanya. Dari tanggal 15 Juni hingga 13 Juli 2019. Dimana pagelaran kali ini dimeriahkan oleh ribuan pegiat seni dari kabupaten se-Bali, luar Bali hingga dari luar Negeri.

Setelah resmi dibuka oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo di depan Monumen Bajra Sandi Renon Denpasar pada Sabtu sore pukul 14.00 Wita (15/6/2019), para peserta menampilkan sajian budaya dari daerah masing-masing.

Peserta yang berasal dari seluruh Kabupaten se-Bali, sepuluh kota dari luar Bali yakni Papua, DKI Jakarta, Jogja, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Sumatera Barat, Sumatera Tengah, Lampung, dan Kalimantan Tengah. Amerika Serikat, Tiongkok, India, Jepang serta Singapura turut andil juga dalam pagelaran kali ini.

“Adapun peserta pawai kali ini adalah 4.370 orang yang terdiri dari penabuh, seniman, fotografer,” kata Gubernur I Wayan Koster.

Secara keseluruhan peserta pawai PKB tahun ini, harus mampu menyajikan materi pawainya secara atraktif. Serta wajib menampilkan sebuah garapan tematik yang properti garapannya menggunakan alat-alat yang berhubungan dengan unsur angin.

“Dalam konteks pawai pembukaan PKB XLI tahun 2019 ini, berbagai pemahaman tentang Bayu Pramana yang digali dari sastra-sastra tradisi, selanjutnya digunakan sebagai sumber inspirasi penciptaan seni,” imbuh Gubernur Koster diakhir sambutannya. (W9-totok)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.