Rektor Universitas Teknokrat Dampingi Rektor IPB di Kepengurusan Forum Rektor Indonesia

FORUM REKTOR INDONESIA – Dr. Arif Satria, Dr. HM. Nasrullah Yusuf bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, saat pembukaan Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) di UNDIP. (foto : ist)

Semarang, Warta9.com – Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Arif Satria, terpilih sebagai Forum Rektor Indonesia (FRI), pada Konferensi Nasional FRI di UNDIP Semarang, yang berlangsung 25-26 April 2019.

Dalam kepengurusan FRI, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM Nasrullah Yusuf, SE, MBA, masuk kepengurusan sebagai Wakil Ketua FRI mendampingi Ketua FRI, Dr. Arif Satria.

Masuknya Nasrullah Yusuf sebagai Wakil Ketua FRI merupakan kebanggaan sendiri bagi civitas Universitas Teknokrat dan Provinsi Lampung. Sebab, HM. Nasrullah Yusuf merupakan Rektor Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama dari luar pulau Jawa yang dicalonkan sebagai Ketua/Wakil Ketua selama 20 tahun berdirinya FRI ini.

Hadir dalam konferensi FRI di UNDIP sejumlah rektor dari Lampung antara lain, Rektor UNILA Prof Hasriadi Mat Akim, Rektor ITERA Prof Ofyar, Rektor IBI Darmajaya Ir. Firmansyah, MBA, Direktur Politeknik Lampung dan pimpinan perguruan tinggi lainnya.

Konferensi dan Konvensi Tahunan FRI kali ini dihadiri sekitar 300-an pimpinan Perguruan Tinggi (PT) se-Indonesia. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua FRI dipimpin oleh Plt Ketua Dewan Pertimbangan Prof Asep Saepudin (IPB/Rektor Univ Al Azhar), Ketua Pengurus FRI Prof Dwia A. Tina Pulubuhu (Rektor Unhas), dan Ketua Dewan Kehormatan Prof Rochmat Wahab mantan Rektor UNY.

Dalam rapat tertutup forum rektor mengajukan dua nama sebagai calon ketua dan wakil ketua yaitu Dr. Arif Satria Rektor IPB dan Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA Rektor Universitas Teknokrat Indonesia. Dalam pemilihan tersebut Dr. Nasrullah Yusuf mendukung Prof. Dr. Arif Satria sebagai Ketua dan dia sendiri bersedia sebagai Wakil Ketua FRI periode 2020/2021. Dalam acara tersebut juga dilakukan serah terima jabatan kepada pengurus periode 2019/2020 yaitu Ketua Prof Yos Johan Utama Rektor UNDIP dan sebagai Wakil Ketua Prof Sofyan Anip Rektor Universitas Muhamnadiyah Surakarta.

Acara dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, seyogyanya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Acara Konferensi juga diisi dengan Seminar Nasional dengan tema “Revitalisasi Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan”. Acara juga dihadiri oleh Sekmen Kemenristek Dikti Prof Ainun dan beberapa nara sumber lainnya.

Prof. Ainun mengharapkan Forum Rektor diharapkan dapat membantu memecahkan masalah-masalah bangsa yang sedang dihadapi saat ini. Terutama dalam menghadapi perubahan global dalam Revolusi Industri 4.0 yang akan segera menuju ke 5.0. Pokok bahasan juga membahas tentang Digital Ekonomi, Radikalisme, Penegakan Hukum, Revitalisasi Perguruan Tinggi, dan lainya.

Kiprah HM Nasrullah Yusuf di tataran nasional terutama kalangan perguruan tinggi tidak diragukan lagi. Berbagai organisasi tingkat nasional telah diikuti. Belum lagi kampusnya Universitas Teknokrat sering menjadi tuan rumah kegiatan mahasiswa tingkat regional dan nasional. Rektor Teknokrat Nasrullah Yusuf, memperoleh Penghargaan dari Kemenristek Dikti sebagai Penyelenggara Kemahasiswaan Terbaik Nasional dan Rektor Terbaik L2Dikti Kemenristek Dikti Wilayah 2 Sumbagsel.

Mendapat kepercayaan dari para pimpinan perguruan tinggi di Indonesia, HM. Nasrullah Yusuf, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya dalam mengemban amanah di FRI bersama Arif Satria. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.