Ratusan Anak Usia Dini Meriahkan Parade Ogoh-ogoh

Jembrana Bali, Warta9.com – Semarak parade ogoh-ogoh yang melibatkan ratusan anak-anak dari Pendidikan Anak Usai Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) se- Kabupaten Jembrana, di depan kantor Bupati Jembrana, berlangsung meriah.

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Rabu (6/3) mengatakan, parade ogoh-ogoh yang digelar tiap tahun ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus melestarikan budaya Bali sejak usia dini.

“Parade ogoh-ogoh bagi siswa PAUD dan TK bukanlah ajang untuk perlombaan,” ujar Kembang.

Meski sekadar parade, namun anak-anak tampil maksimal. Bahkan, ada yang membawakan iringan kecek, kul-kul (kentongan), hingga membawakan iringan tari-tarian. Tak jarang, tingkah polah anak-anak yang lugu, polos dan sulit diatur, membuat kesulitan para guru yang berusaha mengatur mereka, sehingga mengundang gelak tawa penonton yang memadati seputaran areal depan Kantor Bupati Jembrana.

Selain para orangtua maupun keluarga dari anak-anak turut mendampingi dalam parade tersebut, juga tidak sedikit warga yang sengaja datang menyaksikan parade ogoh-ogoh mini itu, karena penasaran dengan tingkah menggemaskan para anak-anak tersebut. Sehingga kegiatan ini tidak ada unsur penilaian maupun penang ataupun juara.

“Saat ini baru kita bisa parade, tapi pelaksanaan luar biasa. Semoga tahun depan bisa lebih meriah lagi, lebih seru, lebih heboh dan lebih kreatif,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Made Meyrina, mengaku parade ogoh-ogoh mini ini begitu antusias diikuti para anak-anak PAUD maupun TK se-Jembrana. Saking tingginya antusiasme peserta, panitia sampai membatasi jumlah ogoh-ogoh yang dibawakan masing-masing kelompok.

“Sebenarnya ada yang ingin membawakan banyak ogoh-ogoh. Tetapi mempertimbangkan waktu, dan banyak peserta yang ikut parade, kami batasi masing-masing kelompok maksimal 3 ogoh-ogoh,” pungkasnya. (W9-agus)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.