Pemkot Batu Gelar Bimtek Holtikultura

Batu, Warta9.com – Dinas Pertanian Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengolahan dan Pengemasan Holtikultura. Bimtek yang diikuti Gabungan Kelompok Tani (Gapiktan) tersebut, dibuka langsung oleh Walikota Batu Dewanti Rumpoko, di Gedung Pusat Pengembangan Hayati Desa (PPAH) Anjasmoro Jaya Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Senin (22/4) siang.

Selain Walikota juga hadir Kepala Dinas Pertanian Sugeng Pramono, Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM Eko Suhartono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Wiwik Nuryati, Camat Bumiaji, Kepala Desa Sumberbrantas, peserta bimtek dengan narasumber Khoirul Anam dan Wiwik Widyaningsih.

Selain Bintek, juga dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis berupa cultivator 1 unit untuk Gapoktan Maju Bersama, Bibit dan Saprodi organik untuk Gapoktan Anjasmara Jaya Abadi, dan screen house sayuran organik 1 unit untuk Anjasmoro organik. Peserta juga berlangsung dialog antara Gapoktan dengan Walikota Batu.

Dalam sambutanya Dewanti Rumpoko sebelum membuka Bimtek mengatakan, Desa berdaya, kota berjaya adalah melakukan satu kegiatan dari hulu sampai ke hilir. Diharapkan dengan kegiatan ini petani saat panen tidak langsung di jual.

“Apa lagi yang belum pernah panen kalau bisa hal seperti ini di hindari. Kalau bisa hasil pertanian sedikit di jual mentaha dapat di proses dalam bentuk berbeda, salah satunya dikelola menjadi kripik kentang. Jadi tidak ada istilah panen harganya jatuh lalu dinas terkait harus di minta mencarikan solusinya,” jelas Walikota Batu.

Sementara Kepala Dinas Pertanian kota Batu Sugeng Pramono dalam laporanya mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu harapan petani Sumber Brantas agar acara bisa rutin diadakan secara berkelanjutan.

“Kami berharap Gapoktan bisa mendapatkan bantuan mesin untuk pengolahan hasil pertanian, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sumber Brantas,” pungkas Sugeng. (W9-SP)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.