Pemkab Tubaba Gandeng Pengusaha Asal ‘New Zealand’ Budidayakan Rumput Spesies Chicory

Panaragan, Warta9.com – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat akan bekerjasama dengan pengusaha asing dari New Zealand, Selandia Baru. Tujuan kerja sama tersebut untuk membudidayakan Rumput Spesies Chicory (Chicory intybus).

Hl itu menindak lanjut Keputusan Menteri Pertanian Nomor; 2151/kpts/PI.500/F/02/2019. Tentang Pemberuan izin pemasukan benih ke dalam wilayah Negara Republik Indonesia.

Diketahui Rumput chicory yang mengandung Nutrisi dan gizi tinggi untuk pakan ternak khususnya sapi brahma croos akan di budidayakan di Kecamatan Tulang Bawang Udik, Tiyuh/Desa Gunung Katun kabupaten setempat.

Dalam peninjauan lokasi bersama pengusaha swasta yang berasal dari Selandia baru Mr Richat dan Mr Brayan melalui penerjemah dr. hewan Nanang mengatakan, tanah yang ada di Kabupaten Tubaba ini memiliki kemiripan dengan tanah yang berada di New Zealand.

Menindak lanjut hal itu, lanjutnya, maka pihaknya datang untuk berkerjasama dengan Pemkab setempat dalam membudidayakan rumput chicory yang sangat bermanfaat untuk pakan ternak dan pupuk pertanian.

Nanang juga menterjemahkan kehadiran pengusaha swasta yang berasal dari New Zealand itu, juga mengapresasi dukungan Bupati Umar Ahmad dalam percobaan budidaya rumput yang mengandung protein yang tinggi tersebut.

“Kami ucapkan apresasi kebada Bupati Umar Ahmad memiliki keinginan untuk budidayakan rumput yang berasal dari negara kami Selandia Baru untuk dikembangkan di kabupaten ini, dan tentunya harapan kami rumput chicory yang akan ditanam dilokasi seluas 4 Ha ini menghasilkan nilai yang sama seperti di Negara kami,” katanya, saat meninjau lokasi, Senin (25/2). (W9-hadi)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.