Pemkab Pesibar Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten

Pesibar, Warta9.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melaksanakan Musyawarah perencanaan pembangunan (MUSRENBANG) kabupaten pesisir barat yang di gedung wanita pesisir tengah, Rabu (13/03/2019)

Musrenbang tingkat Kabupaten Pesisir Barat itu dihadiri kepala bappeda Provinsi Lampung Erlina Warga Negara, dan wakil ketua l DPRD M. Towil.

Dalam laporannya asisten bidang ekbang dan kehumasan Syamsuhilal, S. Sos,  menyampaikan tujuan musrenbang yang kita laksanakan hari ini adalah untuk penajaman penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran strategi arah kebijakan, merumuskan komitmen bersama antara pemangku kepentingan untuk mempedomani RPJMD.  sasaran yang ingin dicapai RPJMD adalah perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan aspirasi masyarakat.

Dalam sambutan Gubernur Lampung yang di wakili oleh kepala Bappeda Provinsi Lampung Erlina Warga Negara,  menyampaikan musrenbang adalah komitmen melibatkan semua  instansi dan elemen masyarakat, “kita harus mampu memanfaatkan momentum ini  sehingga banyak hal yang dilakukan kabupaten pesisir barat untuk memacu kesejahteraan masyarakat dan menuntaskan kemiskinan,” katanya

Sementara itu Bupati Pesisir Barat mengatakan, pemkab pesibar untuk tahun 2020 mendatang, mempunyai rancangan awal tema RKPD kabupaten pesisir barat adalah “memacu pembangunan daerah dan mendorong investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya saing masyarakat dengan pemerataan hasil pembangunan, ” tuturnya.

Menurut Agus tema yang diambil telah menyesuaikan dengan rancangan awal RKP tahun 2020 dan RKPD Provinsi Lampung tahun 2020.

“Harapan saya pada tahun 2020 mendatang semua sektor dalam kehidupan masyarakat dapat meningkat menjadi lebih baik dan target-target sasaran serta target kinerja yang telah ditetapkan dapat mencapai hasil yang maksimal,” harapnya.

Berikutnya ditetapkan 5 (lima) prioritas pembangunan kabupaten pesisir barat tahun 2020, yaitu:
pemberdayaan masyarakat untuk pengentasan kemiskinan dengan berpijak pada peningkatan daya saing produk pariwisata, industri kecil menengah dan koperasi;
menjaga iklim investasi dengan penerapan reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik;
menjaga kualitas dan kuantitas sumber daya alam demi keberlangsungan ekosistem lingkungan hidup;
mempertahankan ketahanan pangan dengan berpijak pada penguatan pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan;
pembangunan infrastruktur daerah untuk peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan. (W9-Iwan)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.