Pemkab Lumajang Gelar Sosialisasi Perpres No 16 Tahun 2018

Lumajang, Warta9.com Plt. Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Lumajang, Hanifah Diah Ekasiwi, SE membuka kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah tentang Peraturan Presiden No. 16 tahun 2018 di lingkungan pemerintah setempat tahun 2019, di Aula Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang, Senin (18/2/2019) pagi.

Selain itu Plt. Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Lumajang menyampaikan, bahwa Peraturan Presiden no.16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa, mengatur, bahwa sumber daya manusia pengadaan barang/jasa harus memiliki potensi di bidang pengadaan barang/jasa. Untuk itu, Pejabat Pengadaan yang dijabat oleh Aparatur Sipil Negara ke depan wajib memiliki sertifikat kompetensi di bidang Pengadaan Barang/Jasa.

“Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, merupakan salah satu faktor penting yang dibutuhkan di dalam mendukung penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan,” tuturnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, Bafan Kepegawaisn Daerah Kabupaten Lumajang melaksanakan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa bertujuan untuk membekali peserta Diklat agar mampu melakukan proses pengadaan barang/jasa secara efektif, efisiensi dan pembekalan dalam mengikuti ujian sertifikasi. Biasanya, ujian dilaksanakan di penghujung pelaksanaan diklat tersebut.

“Hal ini sangat dibutuhkan orang dengan sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa pemerintah, mengingat begitu pentingnya kegiatan pembekalan dan ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lumajang, Abdullah Wasian menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pejabat pengadaan barang/jasa di lingkungan pemerintah Kabupaten Lumajang, yang memahami akan pentingnya pengadaan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, serta memahami tugas dan menyusun secara sistematika pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Pelatihan kali ini diikuti peserta berjumlah sekitar 160 orang, dibagi menjadi 2 angkatan. Angkatan pertama, tanggal 18 – 21 Februari 2019, danĀ  angkatan kedua dijadwalkan pada tanggal 25 – 28 Februari 2019 yang akan datang,” tutupnya. (W9- Kar)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.