Pemkab Lamsel Diminta Perhatikan Senibudaya Daerah

Lampung Selatan, Warta9.com – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) diminta untuk memperhatikan dan menghidupkan kembali kesenian dan kebudayaan daerah.

“Harus ada penggalian seni dan budaya, khususnya seni bela diri yang ada di desa-desa,” kata Pimpinan Pencak Silat Helang Bukekhang, Saifullah saat menyambut kunjungan kerja Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto di Kecamatan Kalianda, Jumat (22/02/19).

Seni bela diri Helang Bukekhang, kata Syaiful, merupakan kesenian tradisional khas Lampung yang biasa ditampilkan pada penyambutan tamu kehormatan menurut adat istiadat Lampung.

“Seni beladiri penca silat ini untuk menyambut tamu kehormatan. Bisa juga ditampilkan saat acara adat atau prosesi pernikahan yang memakai adat,” katanya Syaiful.

Syaiful mencontohkan, atraksi seni beladiri pencak silat Helang Bukekhang ditampilkan saat penyambutan Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto.

dalam rangka menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang dipusatkan di Lapangan Gajah Nunggal Desa Pematang, Kecamatan Kalianda, Lamsel.

Dengan gagah, para pendekar Helang Bukekhang menunjukan kebolehannya di hadapan Nanang dan Sekretaris Daerah Ir. Fredy SM, MM. (W9-mara)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.