Parosil : Pemkab Selalu Berusaha Mengentaskan Kemiskinan

Lambar, Warta9.com – Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus menegaskan, pihaknya terus berupaya untuk mengetaskan kemiskinan. “Kami selalu berusaha untuk mengentaskan kemiskinan, salah satunya melaluin PKH,” ujar Parosil saat menghadiri Launching Program Keluarga Harapan (PKH) di di Pekon Mekarsari Kecamatan Pagar Dewa, Selasa (19/2/2019).

Dengan didampingi Wakilnya H. Mad Hasnurin, Parosil mengatakan, PKH merupakan program pemerintah dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Indonesia, dengan pemberian bantuan kepada keluarga miskin atau rentan miskin dengan beberapa criteria. Yakni kriteria kesehatan meliputi ibu hamil, menyusui dan anak balita, kriteria pendidikan  untuk anak usia sekolah, serta kriteria kesejahteraan sosial meliputi  lansia dan disabilitas, katanya.

Kemudian, program ini dapat dijadikan sebagai akses yang lebih baik dalam memanfaatkan pelayanan sosial yaitu kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi termasuk untuk menghilangkan kesenjangan sosial, dan keterasingan sosial yang selama ini melekat pada masyarakat kurang mampu.

Kepada penerima PKH Parosil berpesan, agar dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan semangat kemandirian sehingga tidak hanya menggantungkan diri dari bantuan pihak lain,  karena kunci keberhasilan dari setiap usaha adalah keinginan  untuk maju, bantuan dari pihak lain merupakan stimulus atau penopang dari usaha yang kita lakukan.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Sosial Raswan,  SH, MH melaporkan bahwa PKH Tahap 1 untuk Lampung Barat tahun 2019 berjumlah 14.524 Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) sedangkan untuk Kecamatan Pagar Dewa sejumlah 481 KPM. Pihaknya menyampaikan agar pemdamping PKH untuk emberi penjelasan kepada keluarga penerima manfaat KPN dan masyarakat yang menerima dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik. (W9-Iwan)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.