Mengenal Tim Seleksi Calon Anggota KPU Lampung

Bandarlampung, Warta9.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Dr. Arief Budiman telah melantik dan mengukuhkan lima Tim Seleksi (Timsel) calon anggota KPU Provinsi Lampung. Dari lima Timsel tersebut, satu orang dari KPU RI Dr. Endang Sulastri, MSi, sedangkan empat lainnya merupakan dosen Unila dari berbagai disiplin ilmu.

Siapakah sosok Timsel Calon Anggota KPU Lampung, berikut profilnya ;

Dr. Endang Sulastri, MSi – Wanita ini merupakan Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Endang menamatkan S1 dari Undip, S2 UI dan S3 UGM. Sebelum menjadi Dekan, Endang menjabat Kaprodi Ilmu Politik UMJ. Selain itu, Endang juga dipercaya sebagai Ketua Forum Dekan FISIP Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia.

Endang pernah mengatakan, bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar ke-3 didunia dan Reformasi 1998 baru berusia 20 tahun, sehingga menurutnya, wajar saja bila dunia perpolitikan Indonesia masih belum semulus yang diharapkan. Ia banyak memaparkan tentang berbagai problem yang dihadapi partai politik terkait dengan pemilu, antara lain mengenai pragmatisme politik dan sebagainya.

Drs. Hertanto, M.SI, Ph.D – Dia seorang dosen Ilmu Pemerintahan Unila. Ia lahir di Tegal Tanggal 10 Oktober 1960. Hertanto menempuh pendidikan S1 di Universitas Diponegoro, S2 di UGM dan S3 di Universitas Kebangsaan Malaysia.

Hermanto juga mengajar Bidang Ilmu: Ilmu Politik. Saat ini ia berstatus sebagai Dosen Aktif Mengajar pada program studi Ilmu Pemerintahan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala.

Dr. Maulana Mukhlis, S.Sos, M.IP – Dosen muda Unila ini, lahir di Raman Aji, Lampung Timur 30 April 1978. Menempuh Pendidikan S1 di Universitas Lampung, S2 di Universitas Lampung dan S3 di Universitas Padjadjaran tentang (Ilmu Pemerintahan. Maulana saat ini berstatus sebagai dosen aktif mengajar pada program studi Ilmu Pemerintahan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unila.

Dr. Budiyono, SH, MH – Dosen Tata Negara Fakultas Hukum Unila ini, lahir di Tanjungkarang 19 Oktober 1974. Ia juga sebagai Tim Ahli Hukum Tata Negara RHS & Partners.

Pendidikan, S1 dan S2 Universitas Lampung dan S3 Universitas Padjadjaran. Ia juga aktif di berbagai organisasi antara lain, Sekretaris Asosiasi Staf Pengajar HAN dan HTN Lampung 2004, Anggota ICMI Lampung 2011, Anggota Majelis Kehormatan PERADI Lampung, Anggota Dewan Penasehat Assosiasi Pengacara Jasa Konstruksi Lampung.

Selain menjadi dosen di FH Unila, Budiyono juga menjadi dosen Luar Biasa Sekolah Polisi Negara Polda Lampung. Sekretaris Pasca Sarjana Magister Hukum Fakultas Hukum Universitas Lampung, Ketua Pusat Kajian Konstitusi dan Peraturan Perundang-undangan Fakultas Hukum Universitas Lampung. Tenaga Ahli Peraturan Perundang-Undangan Propinsi, Kabupaten/Kota Propinsi Lampung. Anggota Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Aparatur Sipil Negara Kabupaten/Kota Propinsi Lampung. Ia juga sering menjadi saksi ahli di Polda, Kejaksaan dan Pengadilan.

Dr. Tuntun Sinaga, MHum – Dosen FKIP Unila Pendidikan bahasa dan sastra daerah, S2 jebolan UI dan S3 Universitas Udayana. Ia membuat tulisan tentang
“Perspektif Kajian Budaya dalam Pembentukan Provinsi Danautoba. Dosen Unila juga sering menjadi tutor bagi dosen-dosen muda di Unila dan kampus lainnya. (W9-jam)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.