Makin kritis, Bupati Umar Ahmad Ajak Warga Diet Sampah Plastik

Panaragan, Warta9.com – Sampah plastik menjadi permasalahan kritis yang harus segera ditangani. Banyak pihak yang mulai tergerak turun tangan membereskan problematika ini. Seperti yang terus dilakukan Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad. Dalam setiap kesempatan bupati selalu mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.

Ajakan itu juga diutarakan bupati saat kunjungan kerja (Kunker) sekaligus menghadiri Pengajian Akbar di Tiyuh/desa Persiapan Marga Asri, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat, Jumat 15 Maret 2019.

Umar mengajak seluruh warga Tubaba melakukan aksi diet sampah plastik. Bupati ingin berkontribusi mengatasi permasalahan global yang menjadi perhatian nasional dan dunia tersebut.

“Kami menyadari, kalau harus meninggalkan penggunaan plastik sepenuhnya, mungkin masih sulit. Dan tidak mungkin juga semua sampah plastik di daur ulang, pengurangan adalah kuncinya. Semua pihak harus berperan aktif dalam mewujudkan hal ini,” kata Bupati.

Imbauan tersebut juga akan disosialisasikan melalui program 50 ribu botol minuman untuk siswa SD dan SMP, sebagai upaya mengurangi sampah seperti Aqua, Plastik dan sejenisnya.

“Rencananya akan diisi acara yang menarik. Mulai sosialisasi tentang bahaya sampah plastik dan cara pengurangannya. Kampanye ini harus dimulai dari anak kecil, agar kedepan bisa menjadi gaya hidup,” terang Umar.

Umar juga mengajak masyarakat Tubaba berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada pemilihan presiden dan legislatif 17 April mendatang. Selain mensukseskan pemilu, bupati juga mengajak masyarakat menjaga kondusifitas selama tahapan berlangsung, baik dalam masa kampanye hingga pencoblosa nanti.

Dalam pesta demokrasi, perbedaan pandangan politik merupakan hal yang wajar. Namun jangan sampai perbedaan itu membuat hubungan silaturahmi menjadi terkotak-kotak. Jadikanlah perbedaan itu sebagai pengembangan semangat dalam berdemokrasi.

“Semuanya harus memilih. Datang ke TPS untuk mencoblos, gunakan hak pilih sesuai pilihannya masing-masing. Jangan sampai kita di propaganda dengan isu-isu yang tidak jelas,” imbuhnya, sembari mengatakan masyarakat juga harus bijak dalam menggunakan informasi yang dibutuhkan di media-media sosial.

Diahir acara Bupati Umar Ahmad menyerahkan 100 sembako untuk warga miskin, yang merupakan program Maju dan Sejahtera (Mantra) Pemkab Tulangbawang Barat. (jon/hadi)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.