Mad Hasnurin : Kerjasama Masyarakat Akan Tingkatkan Kualitas Pemilihan Peratin

Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin pada acara Pembukaan Focus Group Discussion (FGD) dan Deklarasi Pemilihan Peratin (Pilratin) Lampung Barat Tahun 2018 Aman, Damai dan Sejuk, Rabu (28/11).

Lampung Barat, Warta9.com – Pemilihan Peratin (PilPeratin) untuk melaksanakan amanah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang harus diselenggarakan lebih berbobot, berkualitas dengan partisipasi masyarakat luas. Untuk menciptakan kondisi tersebut Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas PMD menyelenggarakan Deklarasi Pemilihan Peratin (PilPeratin) Lampung Barat 2018, Aman, Damai dan Sejuk, sekaligus dirangkai dengan kegiatan Focus Group Discusion (FGD), dimana acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin, di Ruang rapat Kagungan kabupatrn setempat, Rabu (28/11/2018).

“Pelaksanaan pemilihan peratin sangat menentukan pelaksanaan pembangunan di masing-masing pekon, untuk lima tahun yang akan datang, dimana pada pemilihan peratin nanti akan lahir pemimpin pekon, yang diharapkan akan membawa perubahan menuju kebaikan, terutama di pekon yang dipimpinnya. Oleh karena itu, pelaksanaan pemilihan peratin ini perlu didukung dengan kesiapan yang mantap dan akurat baik teknis maupun non-teknis, sehingga masyarakat yang berhak memilih dapat menyalurkan aspirasi dengan aman, tenang dan tanpa ada tekanan atau paksaan dari pihak manapun yang dapat menghambat jalannya pemungutan suara Pilratin,” ujar Mad Hasnurin pada acara tersebut.

Wabup Lambar ini kemudian mengatakan bahwa berhasil atau tidaknya penyelenggaraan pemilihan peratin, salah satunya tergatung kepada keberhasilan kita dalam mengamankan penyelenggaraan pemilihan peratin agar tercipta situasi Kamtibnas yang kondusif, sehingga pada gilirannya nanti semoga terpilih pemimpin yang benar-benar amanah untuk memimpin pekon masing-masing.

“Dan kita, sesuai dengan tugas dan fungsinya memposisikan diri sebagai bagian dari peserta dan penyelenggara pelaksanaan hajat pemilihan peratin,” tutupnya.

Pada momentum yang sama, Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Pekon Lambar yang juga selaku Ketua Panitia Pemilihan Peratin tingkat Kabupaten Lambar Drs. Nukman MS, MM menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Deklarasi dan FGD tersebut adalah agar terciptanya proses pelaksanaan pemiliham peratin yang damai dan sejuk, serta terwujudnya amanat Pilperatin sesuai UU yang berlaku.

Tampak hadir pada acara tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Liwa, M. Mansyur, SH, MH., Kapolres Lambar AKBP Doni Wahyudi, S.IK., Kasdim 0422/Lambar Mayor Inf. Agus Susanto., Staff Ahli Bupati dan Kepala OPD Lambar, para Camat, Ketua LHP dan para Calon Peratin beserta Saksi-Saksi PilPeratin. (W9-Ica)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.