Kunjungi Batu Secret Zoo, Mahasiswa BKPI UIN Lampung Berwisata Sambil Belajar

Malang, Warta9.com – Berwisata sekaligus sambil belajar, kenapa tidak. Banyak tempat wisata seperti di Bogor, Malang dan daerah lain yang punya segudang destinasi bisa memperbanyak ilmu bagi pengunjungnya.

Salah satunya adalah Batu Secret Zoo di Jatim Park 2 Malang Jawa Timur, yang banyak dikunjungi kalangan pelajar, mahasiswa dan peneliti dan masyarakat karena kaya akan koleksi binatang.

Karena itu, mahasiswa program studi Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, melakukan wisata sekaligus belajar di Secret Zoo Jatim Park 2 Malang, Kamis (31/1/2019).

Hampir tiga jam ratusan mahasiswa yang sedang fieldtrip itu keliling Secret Zoo yang mempunyai koleksi sebanyak 2 ribu ekor satwa terdiri dari 100 jenis satwa.

Rombongan mahasiswa BKPI UIN Raden Intan Lampung didampingi beberapa dosen yaitu, Dr, Laila Maharani, Rifda Elfiah, Chairul Amriyah, Hardiansyah Masya, Mega Aria Monica, Muad Mustami dan M Riskal Fajri. Menurut Laila Maharani, sebagai calon pendidik, mahasiswa Prodi BK juga dituntut untuk memiliki wawasan tentang mamalia.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh dosen pembombing lain, Muad Mustami. Ia menilai kunjungan ke kebun binatang mempunyai makna kalau mahasiswa betul-betul melihat dan mencermati jenis binatang yang dikunjungi. Dengan kunjungan ini mahasiswa mendapat hazanah ilmu tentang jenis mamalia baik dari hewan lokal maupun hewan luar negeri.

Diketahui, Jatim Park 2 merupakan destinasi wisata terpadu. Jadi terdapat beberapa destinasi yang ada dalam satu kompleks sekaligus.

Jenis mamalia yang cukup menarik antara lain, giantater, satwa jenis mamalia yang hidup di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Satwa yang dikenal dengan sebutan trenggiling raksasa itu diberi nama carlitto, jenis kelamin jantan.

Sementara zona tiger land pengunjung melihat koleksi harimau mulai harimau sumatera, harimau putih, harimau emas dan cheetah. Satwa asli Indonesia seperti buaya muara, burung jalak bali dan burung cenderawasih dan masih banyak sekali jenis mamalia yang ada di tempat wisata di Kota Batu Malang.

Pagi harinya, mahasiswa BKPI UIN melakukan wisata ke Gunung Bromo Jawa Timur. Sebagai mahasiswa Islam kata Muad Mustami, wajib bersyukur karena Allah SWT telah memberikan banyak kenikmatan kepada manusia. Termasuk kenikmatan keindahan alam yang diberikan kepada kita semua seperti Gunung Bromo dan wisata alam lainnya. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.