KKL Mahasiswa BKPI UIN Raden Intan di RSJ Grhasia Yogyakarta Dapat Kuliah Pakar

KKL DI RSJ GRHASIA – Mahasiswa peserta KKL PKBI UIN diterima Dr. Joep Ahmed Djojodibroto Kabid Penunjang dan Prasarana didampingi dosen pembimbing Dr. Laila Maharani. (foto : jam)

Yogyakarta, Warta9.com – Mahasiswa program studi Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, melakukan kuliah kerja lapangan (KKL) sekaligus warkshop di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grhasia Sleman Provinsi DI Yogyakarta, di Ruang Seminar, Jumat (01/2/2019).

Kehadiran mahasiswa BKPI UIN Raden Intan diterima oleh Kabid Penunjang dan Prasarana Dr.Joep Ahmed Djojodibroto, MA dan beberapa petugas kesehatan.

Dosen senior BKPI Dr. Laila Maharani, mewakili Kaprodi Dr. H. Andi Taher mengatakan, BKPI sangat senang bisa diberi kesempatan belajar di RSJ Yogyakarta.

Kesempatan kunjungan menurut Laila Maharani, bagaimana penanganan untuk keluarga dan pasien sehingga menjadi wawasan bagi mahasiswa.

Masih menurut Laila, pertemuan ini diharapkan bisa membawa manfaat bagi mahasiswa dalam menunjang pendidikan mahasiswa. Prodi BK di UIN Raden Intan hanya fokus dalam bidang pendidikan. Tapi, tidak salah kiranya mahasiswa belajar tentang psikologi dan kesehatan jiwa.

Dr. Joep Ahmed Djojohadibroto, mengucakanl terimakasih menjadikan RSJ Grhasia Yogyakarta menjadi tempat untuk mendalami ilmu.

BK termasuk dalam ranah psikologis dan kesehatan jiwa. Sebagai calon petugas kesehatan jiwa perlu belajar dengan baik tentang masalah kesehat jiwa dan psikologi.

Kuliah Pakar

Dalam kunjungan di RSJ ini mahasiswa BKPI UIN mendapat kuliah pakar dari RSJ Grhasia, Aril Halidah, MPsi.

Psikolog senior ini menyampaikan tentang “Intervensi Psikologis pada Pasien.” Psikolog Aril memberi materi pengetahuan dasar tentang psikologi jiwa. Dia juga memberi pemahaman jiwa terhadap diri sendiri, gangguan jiwa dan lain-lain.

Psikolog Aril juga memberi pengetahuan banyak tentang kesehatan jiwa yang merupakan kombinasi medis/biologis, psikologis, spritual. Bahkan sampai pelayanan pasien jiwa.

KULIAH PAKAR – Pakar psikolog RSJ Grhasia Aril Halidah memberi kuliah pakar. (foto : jam)

Aril juga mengatakan, Intervensi psikologis meliputi, konseling, psikoterapi, psikoedukasi. Sehingga psikolog harus mengerti tugasnya, mana yang perlu menjadi tugasnya, tugas orang lain menyangkut ekonomi, agama, pendidikan dan lain-lain. “Jadi petugas kesehat harus sehat jiwa,” kata Aril.

Rombongan mahasiswa BKPI UIN didampingi dosen senior Dr Laila Maharani, lalu Rifda Elfiah, Chairul Amriyah, Hardiansyah Masya, Mega Aria Monica, Muad Mustami dan M Riskal Fajri. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.