Ketua LMDH Melati Putih Margo Mulyo Bagikan 10 Hektar Lahan Kepada Pemangku Hutan

Banyuwangi, Warta9.com – Lembaga Masyarakat Dekat Hutan (LMDH) Melati Putih Margomulyo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur, membagikan lahan garapan tebangan untuk yang kedua kalinya kepada warga pemangku hutan, Kamis, (16/5/2019).

Lahan yang dibagikan kali ini di dikawasan petak 23 A1 RPH Sumbermanggis BKPH Glenmore, KPH Banyuwangi barat dengan luas kurang lebih 10 hektar.

Adapun lahan yang dibagikan kepada warga pesanggem kurang lebihnya 50 orang tersebut, adalah lahan tebang tahun 2017.

Ketua LMDH Melati Putih, Wijianto mengatakan, kurang lebih 10 hektar sudah kita bagikan kepada warga pemangku hutan yang berjumlah kurang lebihnya 50 orang pada hari Kamis, (16/5/2019),”kata Wijianto kepada awak media.

Ketua LMDH yang akrab dipanggil Anto ini juga berucap, dirinya bersama pengurus LMDH yang lain akan segera membagikan lahan tebang kepada warga sesuai dengan aturan yang ada. Namun walupun demikian pihaknya akan lebih mementingkan warga yang tinggal disekitar hutan.

Lahan tersebut dibagikan, lanjutnya, agar masyarakat bisa segera melakukan usaha dan beraktivitas di wilayah hutan. “Kita berharap warga pinggiran hutan bisa memanfaatkan lahan dengan baik dan mau bekerjasama dengan pihak LMDH dan juga perhutani,” katanya.

Kata Anto, lahan yang telah dibagikan harus digarap sendiri tidak boleh diperjual belikan kepada siapapun apalagi kepada orang diluar Desa Margomulyo, karena lahan diwilayah hutan apapun alasanya tidak boleh diperjualbelikan.

Selain itu dirinya juga menerangkan, selama ini lahan garapan dikawasan hutan tidak bisa dinikmati secara keseluruhan oleh warga pemangku hutan karena dikuasi dan digarap oleh investor dari luar daerah Margomulyo.

“Sebagai ketua dirinya berjanji akan menertibkan pembagian lahan sesuai aturan dan juga akan lebih memnerikan asas manfaat bagi warga yang tinggal dipinggiran hutan,” terangnya.

Sementar Bakin, salah satu warga yang mendapat bagian lahan, dirinya dan warga yang lain merasa senang dan bersyukur karena telah mendapatkan lahan garapan.

Warga pinggiran hutan sangat bersyukur karena kebagian lahan, dengan ini kita semua bisa berusaha untuk memanfaatkan lahan milik perhutani tersebut untuk mencukupi ekonomi sehari – hari.

“Atas nama pribadi dan warga yang lain dirinya menyampaikan banyak terima kasih kepada LMDH Melati Putih dan Perhutani yang telah memikirkan nasib warga pesanggem,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kurang lebih dari 50 orang warga pemangku wilayah hutan yang mendapatkan lahan, masing – masing terdiri dari warga Dusun Sumbermulyo dan Dusun Kampungbaru Desa Margomulyo, Glenmore, Banyuwangi. (W9-Rob)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.