Kembangkan Lumbung Padi, Wabup Lambar Kunker ke Garut

Jawa Barat, Warta9.com – Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Ke Kabupaten Garut Propinsi Jawa Barat, Senin 12/03/2018.

Dalam kunjungan tersebut Wakil Bupati Lampung Barat Mad Hasnurin didampingi oleh Kadis Perikanan Drs. Syamsi Mursalin., Kadis Ketahanan Pangan, Ir. Rusdi., Kabag Pemerintahan dan OTD Yudha Setiawan.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin menyampaikan bila Kabupaten Lampung Barat dengan ibukota Liwa merupakan salah satu kabupaten dari 15 kabupaten/kota yang ada di Propinsi Lampung.

Diterangkan oleh Wabup Mad Hasnurin, bahwa Kabupaten Lampung Barat dibentuk berdasarkan Undang Undang No. 6 tahun 1991, tertanggal 16 juli 1991 dan diundangkan pada tanggal 16 agustus 1991, dengan batas wilayah sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Bengkulu Selatan propinsi Bengkulu dan kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) proPinsi Sumatera Selatan. Dan sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Lampung Utara, kabupaten Lampung Tengah dan kabupaten Tanggamus, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Barat.

Wabup Lambar menyebutkan bila wilayah kabupaten lampung barat memiliki luas 2.141,57 km2 atau 6,05% dari luas wilayah propinsi Lampung, dengan mata pencaharian pokok sebagian besar penduduk Lampung Barat sebagai Petani dan sebagian besar mata pencaharian pokok masyarakat Lampung Barat adalah sebagai Petani sayur-mayur dan Petani Kopi.

Disampaikan Mad Hasnurin, wilayah kabupaten Lampung Barat secara administratif terdiri dari 15 kecamatan dengan 136 desa (di lampung barat disebut pekon).

Untuk kopi, kabupaten Lampung Barat merupakan daerah penghasil kopi robusta terbesar di propinsi Lampung, bahkan Pemerintah berkomitmen guna menjadikan kabupaten Lampung Barat sebagai etalase kopi nasional.

Kemudian Wabup Mad Hasnurin menjelaskan bila Kabupaten Lampung Barat juga mengembangkan tanaman holtikultura, yaitu budidaya sayur-sayuran dan tanaman padi. budidaya tanaman padi sawah bisa menjadi salah satu alternatif dalam menciptakan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Selain iti dengan membudidayakan padi, maka kita turut berjuang dalam mewujudkan swasembada pangan. mengingat bahwa tanaman padi adalah makanan pokok indonesia dan merupakan komoditas pertanian yang menyumbang banyak pendapatan bagi masyarakat, maka kami Pemkab Lampung Barat terus berupaya untuk meningkatkan kualitas tanaman padi sawah di kabupaten Lampung Barat.

Diketahui, Pemkab Lambar dalam upaya pelaksanaan program unggulan berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian yang berorientasi pada sumberdaya lokal, salah satunya giat mengembangkan lumbung pangan masyarakat dan pengembangan sumber daya hayati perairan melalui usaha perikanan.dinas perikanan lampung barat memiliki potensi yang sangat potensial untuk dikembangkan dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat di kabupaten lampung barat. potensi tersebut terdiri dari budidaya perikanan yang meliputi budidaya darat dan perairan umum serta penangkapan ikan perairan umum yang tersebar di 15 kecamatan. Pada tahun 2017 hasil budidaya perairan umum mencapai produksi 2.365,66 ton. budidaya kolam mencapai produksi 2.694,54 ton dan budidaya mina padi mencapai produksi 129,78 ton. Pada dasarnya kegiatan kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mengenai pengembangan lumbung pangan dan pemanfaatan sumber daya hayati perairan, bagi Pemkab Lampung Barat sangat penting artinya. hal ini dikarenakan pengembangan lumbung pangan dan pengelolaan sumber hayati perairan di kabupaten Lampung Barat perlunya dilakukan pengelolaan yang lebih optimal.

Terkait dengan hal tersebut, maka kami melakukan kunjungan kerja di kabupaten Garut ini yang kami anggap dapat dijadikan contoh dalam hal peningkatan pengembangan lumbung pangan. Seperti yang kita ketahui bahwa kabupaten Garut menjadi lumbung pangan bagi propinsi Jawa Barat dan Jakarta,” ungkap Wabup Lambar.

Selanjutnya tim dari Pemkab Lambar mengharapkan kesediaan pemerintah kabupaten Garut untuk dapat memberikan informasi selengkap-lengkapnya tentang upaya yang telah dan akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Garut dalam upaya pengembangan lumbung padi dan pemanfaatan sumber daya hayati perairan.

“Akhirnya kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Garut atas penerimaan dan penyambutan kami yang tulus, sehingga kami pada saat ini berada ditengah-tengah saudara,” tutup Wabup Mad Hasnurin.

Sementara itu dalam sambutannya Pjs. Bupati Garut, Koesmayadie Tatang Padmadinata menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yang telah berkunjung ke kabupaten Garut.

“Semoga kedepannya kerjasama dan silaturahmi ini akan terus terjalin dengan baik,” ucapnya. (W9-Ica)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.