Kasrem Bersama Dirjen Tanaman Pangan Tanam Padi di Lahan Kering

Bandarlampung, Warta9.com – Kepala Staf Korem (Kasrem) 043/Gatam Letkol Inf. Jajang Kurniawan, SI.P, MM, mendampingi Direktur Jenderal Tanaman PanganRI.  Dr. Ir.  Sumarjo Gatot Irianto MS. DAA, Senin (9/4/2018), menanam padi di lahan kering di Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran Lampung.

Usai melaksanakan penanaman padi, Direktur Jenderal Tanaman Pangan RI, menyerahkan bantuan benih padi Gogo kepada para kelompok tani Kabupaten Pesawaran. Dalam sambutannya Dirjen Tanaman Pangan RI, Sumarjo mengatakan, untuk padi Gogo yang ditanam di lahan kering diharapkan 1 hektarnya populasinya dapat mencapai 2 hektar
Untuk itu, Dirjen mengharapkan Bupati Pesawaran dan Kepala Dinas Pertanian Lampung untuk mengawal kegiatan ini. Karena di Provinsi Lampung kondisi lahan keringnya mencapai 200 ribu ha. “Inilah yang sesungguhnya kita mendobrak kemiskinan di negara kita,” ujar Dirjen.

Lebih lanjut Dirjen Tanaman Pangan mengingatkan kepada para petugas Kabupaten, untuk parietas  padi Gogo lokal untuk didaftarkan, cukup di Dinas Peretanian Kabupaten. Setelah itu disertifikasi, kalau sudah ada sertifikasi nya, itu APBN boleh membeli benih lokal. “Selama ini kita tidak boleh membeli, karena selama ini belum ada sertifikat, jadi kami dorong kemudahan itu, jadi sekali lagi tidak boleh diselewengkan,” ujar Sumarjo.

Turut hadir mendampingi Dirjen Tanaman Pangan, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung Ir. Edi Yanto, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran, Munzir Zen, SH, Dandim 0421/Lampung Selatan Letkol Arm Untoro Hariyanto, S.IP, Kasi Ter Korem 043/Gatam Letkol Inf Sahnun, Unsur Pejabat Pertanian kabupaten Pesawaran dan Danramil 421-06/Natar Kapten Inf Suprapto. (W9-jam/ars)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.