Gubernur Arinal Ajak PHRI Bangun Pariwisata Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberi sambutan acara Halal Bihalal PHRI. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi mengajak Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Lampung majukan sektor Pariwisata Lampung.

“Dalam mewujudkan Provinsi Lampung Berjaya terdapat 33 janji kerja yang dirumuskan ke dalam 9 sektor prioritas, yang mana di dalamnya ada pembangunan sektor pariwisata. Tentunya dalam membangun sektor pariwisata, semua pihak harus saling mendukung, sehingga sektor pariwisata Lampung dapat meningkat. Untuk itu, saya mengajak PHRI untuk bersama-sama membangun pariwisata Provinsi Lampung,” demikian disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam acara Halal Bihalal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Lampung, di Hotel Bukit Randu, Bandarlampung, Rabu (3/7/2019) malam.

Gubernur Arinal menjelaskan pariwisata harus diupayakan oleh semua pihak, agar sektor pariwisata Lampung meningkat, sehingga dapat mengundang pariwisata mancanegara, paling tidak untuk kita terlebih dahulu. “Saya ingin meningkatkan sektor pariwisata, karena buat saya adalah bagaimana menyenangkan keluarga besar rakyat Lampung, sehingga secara tidak langsung juga akan membangkitkan Lampung Berjaya dimasa mendatang,” jelasnya.

Gubernur Arinal menjelaskan bahwa salah satu kabupaten dicanangkan sebagai daerah pariwisata, maka kabupaten-kabupaten pendukung yang melalui atau yang dilalui harus menunjangnya. “Lampung memiliki beberapa kabupaten yang sangat potensial di sektor pariwisata, seperti kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, maka Kabupaten-kabupaten yang lainnya harus juga mendukung paradigma ini dengan memberikan dukungan kepada kabupaten yang dicanangkan sebagai sektor pariwisata potensial,” jelas Gubernur Arinal.

Kabupaten-kabupaten yang sangat potensial pariwisatanya, jelas Gubernur Arinal, seperti kabupaten Lampung Barat, Pesisir Barat yang mana memiliki pantai indah, surfing internasional dengan kualitas ombak tinggi, kaya akan sumber daya alamnya, disana juga ada taman nasional yang mana ada gajah, harimau, badak yang tidak dimiliki oleh Provinsi lainnya,” ujarnya.

Untuk itu, Gubernur Arinal mengajak PHRI untuk lebih menggalakkan sektor pariwisata. “PHRI harus berperan dalam meningkatkan pariwisata Lampung, seperti memberikan pelatihan bagi anak Lampung untuk dapat menjadi tour gaet, dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten untuk dapat memberikan pelatihan kepariwisataan di daerah tersebut,” jelasnya.

Pariwisata Urusan Kita Semua
Dalam kesempatan itu, Ketua BPD PHRI Provinsi Lampung, Handitya Narapati, menjelaskan tahun lalu hunian hotel mencapai puncaknya sekitar 90%. Namun pada bulan Desember ketika terjadi bencana alam tsunami Banten dan Kalianda, tingkat hunian hotel turun sekitar 20%. “Namun kami bersinergi dengan Dinas Pariwisata Provinsi untuk meningkatkan sektor pariwisata, sehingga tingkat hunian hotel naik menjadi 75%,” jelasnya.

Handitya menjelaskan tentunya hal ini menunjukkan bahwa peningkatan pariwisata menjadi urusan kita bersama. “Peningkatan pariwisata tentunya menjadi urusan kita semua. Oleh karena itu, PHRI akan mendukung Pemerintah Daerah dalam meningkatkan sektor pariwisata. Salah satu yang akan dilakukan PHRI dalam waktu dekat ini adalah dengan mensukseskan kegiatan Festival Krakatau pada Agustus 2019 ini,” jelasnya. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.