Festival Kopi Lambar 2018 Diikuti Duta Dari Kabupaten Humbang Hasudutan Sumatera Utara

Sekincau, Warta9.com – Event Festival Kopi Lampung Barat Tahun 2018 yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan setempat menuai apresiasi dari Masyarakat dan para Peserta Festival yang mengikuti event berskala Nusantara tersebut, salah satunya dari Kabupaten Humbang Hasudutan Provinsi Sumatera Utara. Festival Kopi Lampung Barat ini juga dapat menjadi sarana edukasi, khusunya mengenai Kopi yang ada di Bumi Sai Betik Kabupaten Lampung Barat, Daerah asalnya para Sai Batin ini.

Berkaitan dengan momentum Festival Kopi tersebut, Perwakilan dari Dinas Koperasi, Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Humbang Hasudutan, Provinsi Sumatera Utara, Horsa Min Purba, SH., mengatakan bahwa terobosan yang sangat bagus diadakan oleh Provinsi Lampung, Khususnya kabupaten Lampung Barat, karena kita sudah punya indikasi Geografis. Menurut Horsa, bila Event Festival tersebut digelar pada setiap tahun, adalah merupakan suatu ide yang sangat brilian, karena mengadakan festival kopi ditempat dimana kopi itu ada. Dikatakan Horsa, bahwa Event yang sama pernah juga mereka lakukan di Festival Kopi Toba, bahkan mereka bisa mendatangkan Kompetiter dari luar negeri untuk Display Produk, bahkan ikut untuk Battle-nya.

Horsa kemudian menyampaikan bila pada event Festival Kopi Lampung Barat Tahun 2018 ini, pihak perwakilan Dinas Koperasi, Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Humbang Hasudutan, Provinsi Sumatera Utara memamerkan jenis Kopi Arabika Lintong Sumatera Utara.

“Kopi ini sudah mendunia, bahkan indikasi geografis hak paten sudah didapat dari Kementerian Hukum Dan HAM RI, karena Kopi Lintong ini sudah diakui Dunia,” ungkap Horsa.

Menurut Horsa, pihaknya memang sangat konsen dengan kegiatan yang berbau Expo mengenai Kopi.

“Dari Sepuluh Kecamatan yang ada di Kabupaten Humbahas Sumatera Utara, Enam (6) Kecamatan diantaranya adalah merupakan Daerah Penghasil Kopi,” ujar Horsa. W9-Ica)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.