Diawali Ziarah ke Makam Sultan Demak III, Tim HPN 2019 PWI Lampura Bermunajat di Makam Sunan Ampel

Surabaya, Warta9.com – Di akhir pelaksanaan Hari Pers Nasional 2019 Surabaya, Jawa Timur, kontingen PWI Lampung Utara, mengakhiri lawatannya di Bumi Arek Suroboyo dengan menziarahi makam Waliullah Sunan Ampel.

Wisata religius yang laksanakan pada Sabtu, (9/2/2019), didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lampura, Sanny Lumi.

Tiba di kompleks pemakaman Sunan Ampel, rombongan PWI Lampura dan Kadis Kominfo Lampura, tepat saat waktu memasuki Shalat Dhuhur.

Usai menunaikan shalat Dhuhur berjamaah, di Masjid Agung Sunan Ampel yang ditopang tiang-tiang kayu besar dan kokoh, rombongan lalu memasuki kompleks pemakaman Sunan Ampel. Banyak jamaah dari berbagai daerah yang juga berziarah di makam salah seorang penyebar syariat Islam di tanah Jawa yang kemudian ajarannya menyebar ke seluruh nusantara.

Kompleks makam Waliullah dimaksud, tidak jauh berada di belakang Masjid Agung Sunan Ampel. Bersama Kadis Kominfo Lampura, Sanny Lumi, rombongan pun lalu bermunajat dan menyampaikan do’a ziarah di depan makam Sunan Ampel.

Usai berziarah, Kadis Kominfo Lampura, Sanny Lumi mengatakan, ziarah ke makam salah satu Waliulloh yang secara historis memiliki karomah mampu berjalan di atas air ini, selain berwisata religi, namun juga memiliki nilai membuka hasanah dan menambah kekayaan literatur bagi para pewarta, khususnya yang bernaung di bawah panji PWI Lampura.

“Wisata religi yang dilakukan ini juga bermaksud untuk mempertebal keimanan sekaligus menambah wawasan dan pengalaman batin para pewarta. Sehingga, di kemudian hari, pewarta Lampura juga mampu menjalani tugas jurnalistik dengan tidak pernah melupakan anugerah dan kehidupan yang diberikan Allah SWT,” ujar Sanny Lumi.

Senada, Ketua PWI Lampura, Jimmy Irawan, menyampaikan, jika wisata religi yang dilaksanakan ini merupakan tempat kedua yang dituju.

“Lokasi makam Sunan Ampel merupakan titik kedua setelah sebelumnya seluruh rombongan melakukan ziarah ke makam Sultan Demak III, yang berada di Demak, Jawa Tengah,” papar Jimmy Irawan.

Pengalaman rohani yang didapat Tim PWI Lampura, kata Jimmy Irawan, kelak menambah khasanah pengetahuan dan pesan-pesan religi yang diharapkan memberi nuansa serta semangat baru bagi seluruh pewarta yang mengikuti HPN 2019 Surabaya. (Rozi/lam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.