Dekan FEB Universitas Teknokrat Bekali Peserta Pendidikan Kepemimpinan tentang Managemen SDM

Bandarlampung, Warta9.com – Dekan Fakuktas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Teknokrat Indonesia Dewi Sukmasari, SE, MSA, CA. Akt, mengatakan, seorang pemimpin harus bisa memaksimalkan sumberdaya manusia yang ada untuk tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Hal itu dikatakan Dewi Sukmasari, saat memberikan materi tentang Human Resource Management (management sumberdaya manusia/tenaga kerja), kepada peserta Pendidikan Kepemimpinan Leadership Education Program, Universitas Teknokrat, di indoor gelanggang olahraga mahasiswa kampus setempat, Selasa (12/2/2019).

Lebih lanjut Dewi Sukmasari menjelaskan, mahasiswa yang sekarang sedang menempuh pendidikan masih dalam proses untuk menjadi seorang pemimpin. Oleh sebab itu, yang harus dilakukan mahasiswa sekarang, bagaimana melakukan tugas kuliah dengan baik, selesai tepat waktu dengan nilai yang baik.

Selain itu yang sangat penting sebagai seorang calon pemimpin harus menjaga etika agar mempunyai integritas yang baik. “Jadi saat ini mahasiswa masih berproses. Oleh karena itu, kuliah dengan baik, menjaga etika agar berintegritas,” ujar Dewi Sukmasari jebolan Indiana University USA ini.

Ia menjelaskan, bahwa Human Resources Management merupakan suatu cara yang dibuat untuk mengatur sumber daya manusia (tenaga kerja) yang ada di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Sistem tersebut diciptakan untuk memaksimalkan setiap individu secara efektif, sehingga tujuan bersama dapat tercapai.

Dalam kesempatan ini, Dewi Sukmawati juga memaparkan tentang learning objective (cara merumuskan tujuan pembelajaran), perlu dilakukan dengan baik dan benar.

Terkait merumuskan tujuan pembelajaran diantara yang perlu diperhatikan menyangkut Human Resources Management. Yaitu, suatu cara yang dibuat untuk mengatur sumber daya manusia (tenaga kerja) yang ada. Sistem tersebut diciptakan untuk memaksimalkan setiap individu secara efektif, sehingga tujuan bersama dapat tercapai.

Kemudian harus berkelanjutan. Karena pada dasarnya apa yang sedang kita jalankan ingin berkelanjutan dan berkesinambungan, sehingga tujuan tercapai.

Dewi juga menjelaskan pentingnya perencanaan sumber daya manusia (Human Resource Planning). Sebab ini merupakan proses manajemen dalam menentukan pergerakan sumber daya manusia dalam organisasi dari posisi yang diinginkan di masa depan.

Setelah Dewi Sukmasari memaparkan tentang management tenaga kerja atau sumberdaya manusia, moderator Angga Febrian, MM, membuka sesi tanya jawab bagi peserta pendidikan kepemimpinan. Berbagai pertanyaan terkait managemen SDM dilontarkan mahasiswa. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.