Danbrigif 4/BS Kol (mar) Ahmaf Fajar Tutup Katihan Pengamanan Pemilu Legeslatif dan Presiden

Pesawaran, Warta9.com – Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Ahmad Fajar, secara resmi menutup latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden di wilayah Korps Marinir, di lapangan apel Mako Yonif 7 Marinir, Ketapang, Pesawaran Lampung, Jumat (08/02/2019).

Dalam amanat Komandan Korps Marinir yang dibacakan oleh Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS menyampaikan, bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan latihan pengamanan pemilu di seluruh wilayah jajaran Korps Marinir ini adalah untuk lebih meningkatkan kemampuan dan keterampilan satuan Korps Marinir. Ini dilakukan agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal dan profesional.

Sehingga dengan terselenggaranya latihan ini dapat memberikan kesiapsiagaan operasional/satuan tugas Korps Marinir guna menjawab segala permasalahan yang kemungkinan timbul pada penyelenggaraan Pemilu 2019 sekaligus untuk mengantisipasi terhadap ancaman dan gangguan.

Dari hasil laporan panitia pelaksanaan, dapat diambil kesimpulan bahwa semua materi latihan yang telah diprogramkan dapat dilaksanakan dan diterima dengan baik oleh semua peserta latihan. Hal ini menunjukkan semangat dan antusias yang tinggi dari semua peserta dalam mengikuti semua program latihan. kendala-kendala yang dihadapi selama pelaksanaan latihan dapat diatasi oleh panitia penyelenggara maupun peserta latihan.

Oleh karena itu, diharapkan agar semua materi latihan yang telah diberikan hendaknya dapat untuk dimengerti dan dipahami sehingga mudah untuk diaplikasikan pada pelaksanaan tugas nantinya, baik mengenai prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan pada Pemda dan Polri. Termasuk halnya sistem Komando, kendali komunikasi dan informasi (K3l) pada pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 di wilayahnya masing-masing.

Mengakhiri amanatnya, Kol. Mar Ahmad Fajar mennyampaikan ada beberapa hal sebagai pedoman guna mendukung pencapaian tugas, sebagai berikut : Pertama, tingkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wata’ala, agar setiap langkah pengabdian kita selalu diberikan petunjuk dan tuntun-Nya serta mendapatkan berkah dan diridhoi-Nya.

Kedua, hindari sikap arogansi dan sombong serta tetaplah rendah hati dalam setiap menjalankan tugas, apa lagi jika berhadapan dengan masyarakat dan selalu menunjukan kualitas prilaku diri yang memlliki moral dan sikap yang taat pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut serta Enam Tuntunan Korps Marinir.

Ketiga, pegang teguh jati diri prajurit Korps Marinir sebagai prajurit pasukan Pendarat Amfibi TNI AL yang profesional, berkarakter serta selalu mendapat tempat dihati rakyat dan dicintainya. Keempat, jaga hubungan dengan terus menerus melaksanakan koordinasi kepada pihak-pihak yang terkait khususnya Pemerintah Daerah dan Polri. Kelima, jaga sikap dan netralitas TNI dengan tidak memberikan dukungan kepada pihak-pihak manapun termasuk dalam memberikan perkataan maupun tulisan yang berhubungan dengan calon peserta Pemilu 2019.

Kegiatan penutupan latihan pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden di wilayah Korps Marinir tahun 2019 diakhiri dengan demo simulasi pengamanan KPU terhadap masyarakat yang tidak puas terhadap hasil pemilihan yang dianggap tidak adil.

Turut hadir dalam acara tersebut Danlanal Lampung, Ketua KPU Provinsi Lampung, Ketua Bawaslu Lampung, Kapolres Pesawaran, Para Perwira Staf Brigif 4 Mar/BS Para Dansatlak wilayah Lampung, Forkopimda Kabupaten Pesawaran, Danramil Padang Cermin, Kapolsek Padang Cermin, pera perwira jajaran Brigif 4 Mar/BS dan seluruh prajurit Brigif 4 Mar/BS. (W9-ars)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.