Bupati Way Kanan Hadiri Pengesahan Warga Baru PSHT

Way Kanan, Warta9.com – Bupati Waykanan Raden Adipati Surya menghadiri Pengesahan Warga Baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)Kecamatan Buay Bahuga, acara dilangsungkan di Halaman Kantor Camat Buay Bahuga, Selasa Malam (18/09/18).

Dalam sambutannya Raden Adipati Surya menyampaikan, Pencak silat merupakan Seni Bela Diri warisan para leluhur nusantara yang tersebar di banyak daerah di nusantara genap dengan kekhasannya, dongeng dan kisah nyata para pendekarnya.

“Seiring berjalanya waktu, keberadaan seni pencak silat ini sudah mulai kurang diminati, terutama generasi muda. Padahal di dalam pencak silat tersirat nilai-nilai luhur tentang kehidupan yang patut terus diwariskan,” katanya.

Bela diri silat dahulu diajarkan sebagai bekal laki-laki yang sudah masuk usia baliq, bekal bagi pemuda yang hendak merantau, sebagai pagar diri, keluarga dan saudara. Namun disamping itu, belajar silat sejatinya bukan hanya soal adu kehebatan, melainkan belajar tentang kehidupan.

Namun keberadaan seni Bela diri mulai ditinggalkan oleh generasi muda kita. Sebagian generasi muda kita lebih tertarik dengan budaya luar, yang terkadang tidak sesuai dengan adat istiadat dan budaya kita, merupakan ancaman bagi kaum muda di negeri yang kita cintai.

Seperti halnya makin maraknya minuman keras, penggunaan Narkoba oleh berbagai lapisan masyarakat, kekerasan serta kejahatan seksual yang banyak melibatkan kaum muda, rendahnya rasa hormat kaum muda kepada orang tua, serta berbagai dampak situasi yang mengancam generasi muda.

Dengan adanya Organisasi Setia Hati Terate (PSHT) Di Kecamatan Buay Bahuga ini, akan memberikan wadah bagi generasi muda untuk membekali diri yang sehat dan mempunyai keterampilan bela diri, yang pada akhirnya akan menjadi generasi muda yang tangguh untuk menapak masa depan yang lebih baik.

Selain itu, Adipati mengucapkan selamat serta memberi pesan kepada warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Kecamatan Buay Bahuga untuk tetap mendidik manusia berbudi dan mengajarkan bela diri pencak silat.

“Sekali lagi saya ucapkan Selamat, dan jangan mudah berpuas diri, teruslah belajar, sesuai dengan tujuan Organisasi PSHT mendidik manusia berbudi dan mengajarkan bela diri pencak silat, yang didalamnya terkandung unsur-unsur olah raga dan seni bela diri, hingga pada akhirnya akan menjadi kebanggaan keluarga, masyarakat dan Pemerintah,” ucapnya. (W9-Nia)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.