Bupati Parosil Mabsus Buka Acara Edukasi Perikanan Dan Semarak Bakar Ikan

Liwa, Warta9.com – Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus, S.Pd., membuka acara Edukasi Perikanan dan Semarak Bakar Ikan Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018 yang digelar oleh Dinas Perikanan Kabupaten setempat, di Balai Benih Ikan (BBI) Pekon Way Petai, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat, Senin (5/3/2018).

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Lambar, Drs. H. Mad Hasnurin., Ketua DPRD Lambar, Edi Novial, S.Kom., Asisten dan Staf Ahli Bupati, Forkompinda, Muspida, Ketua Forikan Kabupaten Lampung Barat, Partinia, S.Pd, M.M., para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lambar, Tim Penggerak PKK Lambar, Darmawanita, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat, serta Kaum Pelajar Kabupaten setempat.

Dalam sambutanya Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menyampaikan bahwa kampanye dan sosialisasi Gerakan Memasyrakatkan Makan Ikan atau Gemar Ikan Kabupaten Lampung Barat bagi kaum Pelajar di Lambar dimaksudkan agar semakin banyak warga yang memakan ikan, disamping memberikan kontribusi positif bagi para Petani Ikan (Nelayan), apalagi jika gerakan itu diimbangi dengan peningkatan program Pemberdayaan dan Perlindungan kepada Petani Ikan (Nelayan).

Parosil mengatakan bila Pembangunan Perikanan harus dapat mendukung upaya peningkatan taraf kehidupan dan kesejahteraan para nelayan pembudidaya dan pengolah ikan sebagai bagian dari upaya mensukseskan program Nasional, yaitu mengurangi angka kemiskinan, menciptakan kesempatan kerja dan berusaha meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi, dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan hidup.

“Ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat baik untuk pertumbuhan bagi sel-sel tubuh manusia, utamanya untuk perkembangan sel-sel otak yang dimulai saat janin, balita sampai usia dewasa, karena ikan kaya akan asam lemak omega 3, vitamin dan berbagai mineral,” ungkap Parosil.

Menkonsumsi protein ikan, ucap Parosil, juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta dapat mencegah resiko serangan penyakit, seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke dan kanker.

Parosil menguraikan bila dari beberapa hasil penelitian, menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan 3 kali dalam seminggu akan mengurangi resiko stroke sebesar 6% (persen).

Dinas Perikanan Lambar, papar Parosil, memiliki potensi yang sangat potensial untuk dikembangkan dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kabupaten Lambar.

Potensi tersebut terdiri dari budidaya perikanan yang meliputi budidaya darat dan perairan umum serta penangkapan ikan perairan umum yang tersebar di 15 kecamatan. Pada tahun 2017 hasil budidaya perairan umum mencapai produksi 2.365,66 ton. Budidaya kolam mencapai produksi 2.694,54 ton dan budidaya mina padi mencapai produksi 129,78 ton.

“Pada saat ini Pemkab Lambar telah memiliki Balai Benih Ikan (BBI) yang terletak di Pekon Way Petai, Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat. BBI Sumber Jaya adalah Satu-Satunya Balai Benih Ikan yang ada di Kabupaten Lampung Barat,” terangnya.

Parosil menyebutkan bila BBI Sumber Jaya dibangun Pada Tahun 2006 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2006. Pembangunan BBI Sumberjaya untuk Kepentingan Pembinaan, Penyuluhan dan Pelatihan Budidaya Perikanan di Kabupaten setempat.

Pada tahun 2016, lanjut Parosil, PAD Balai Benih Ikan Sumber Jaya dengan jenis ikan Nila berkuran 2-3 Cm produksi 400.000 ekor dengan total harga Rp.36.000.000 dan jenis ikan Mas ukuran 1-2 Cm produksi 240.000 ekor dengan total harga Rp.16.800.000.

“Harapan saya terutama untuk bibit ikan kita bukan menjual ikan jadi atau ikan besar akan tetapi menjual benih ikan yang dibutuhkan oleh para Petani Ikan di Lambar dan tidak menutup kemungkinan juga untuk para Petani Ikan yang berasal dari luar Lambar atau kabupaten Lain yang mungkin berminat dengan bibit ikan nila yang dimiliki Lambar, mungkin Dinas Perikanan siap untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan dari kabupaten Lain,” ujarnya.

Pemkab Lambar optimis, artinya keseriusan inovasi-inovasi baru dari Kadis Perikanan saat ini, permintaan ikan dari Lambar menuju Propinsi Lampung, Jawa, Jakarta dan yang lainnya semakin meningkat dan sudah banyak terpenuhi suplayan ikan yang berasal dari Lumbok Seminung dan tentunya ini adalah peluang BBI untuk meningkatkan PAD KJA di Danau Ranau untuk meningkatkan kebutuhan masyarakat di Lambar.

“Kegiatan ini tumbuh dan bangkit berasal dari pola pikir serta kesadaran para Petani itu sendiri. Pemkab Lambar akan memberikan dukungan dan dorongan penuh untuk para Petani Ikan Lambar kedepan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lambar Drs. Syamsi Mursalin menyampaikan bahwa dalam upaya mendorong peningkatan konsumsi ikan melalui peningkatan kesadaran individual dan kelompok masyarakat tentang arti penting menkonsumsi ikan dan juga melalui Pemberian Makanan Tambahan Untuk Anak Sekolah (PMTAS) dengan tujuan membangun kesadaran tentang peran penting ikan bagi ketahanan pangan dan gizi serta pembangunan ekonomi nasional.

“Kegiatan gerakan satu hari mengkonsumsi ikan ini dilakukan karena seperti kita ketahui ikan selain mengandung protein, vitamin, dan mineral juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik bagi tubuh. Ikan bukan hanya diolah dan dikonsumsi dalam bentuk yang utuh tetapi kita juga harus dapat memperkenalkan berbagai macam bentuk olahan seperti somay ikan, bakso ikan, otak otak, sate ikan, kroket ikan, dan lain-lain,” ujar Samsi Mursalin.

Rangkaian kegiatan tersebut meliputi semarak bakar ikan dan edukasi pembelajaran bagi kelompok ikan dan pemancing mania hal tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang hobi mancing kemudian memanggang ikan oleh Ibu Ibu PKK Kecamatan.

Diketahui, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan kegiatan perlombaan membakar dan memasak ikan.

Adapun Pemenang pada lomba juara bakar ikan atau masak ikan adalah juara 1 diraih oleh Kecamatan Way Tenong, disusul dengan juara 2 yang diraih oleh kecamatan Air Hitam, kemudian Juara 3 diraih okeh Kecamatan Sumber Alam dan Juara 4 diraih oleh Kecamatan Muara Jaya, Juara 5 diraih Kecamatan Pajar Bulan dan kecamatan Gedung Surian meraih juara 6.

Dalam hal ini hadiah diberikan langsung oleh Bupati Lambar Parosil Mabsus, Ibu Porikan Partinia Parosil, Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin, dan Ketua DPRD Lambar Edi Novial S.Kom serta Ibu Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Lambar, Hj. Gurti Komarawati Hasnurin. (W9-Ica)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.